Senin, 21 Januari 2013

KOSMETIKA



Kosmetik
Kosmetik berasal dari bahasa Yunani “kosmetikos” yang berarti keterampilan menghias, mengatur. Definisi kosmetik dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 445/Menkes/Permenkes/1998 adalah sebagai berikut: Kosmetik adalah sediaan atau paduan bahan yang siap untuk digunakan pada bagian luar badan (epidermis, rambut, kuku, bibir, dan organ kelamin bagian luar), gigi dan rongga mulut untuk membersihkan, menambah daya tarik, mengubah penampakan, melindungi supaya tetap dalam keadaan baik, memperbaiki bau badan tetapi tidak dimaksudkan untuk mengobati atau menyembuhkan suatu penyakit (Tranggono dan Latifah, 2007).
Penggolongan kosmetika antara lain menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI, menurut sifat modern atau tradisionalnya, dan menurut kegunaannya bagi kulit.
Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI, kosmetika dibagi ke dalam 13 kelompok :
1.        Preparat untuk bayi, misalnya: minyak bayi, bedak bayi, dll.
2.        Preparat untuk mandi, misalnya: sabun mandi, dll.
3.        Preparat untuk mata, misalnya: maskara, eye shadow, dll.
4.        Preparat wangi-wangian, misalnya: parfum, colognes, dll.
5.        Preparat untuk rambut, misalnya: sampo, hair spray, dll.
6.        Preparat pewarna rambut, misalnya: cat rambut, dll.
7.        Preparat make-up (kecuali mata), misalnya: bedak, lipstick, dll.
8.        Preparat untuk kebersihan mulut, misalnya: pasta gigi, mouth washes, dll.
9.        Preparat untuk kebersihan badan, misalnya: deodorant, dll.
10.    Preparat kuku, misalnya: cat kuku, losion kuku, dll.
11.    Preparat perawatan kulit, misalnya: pembersih, pelembab, pelindung kulit, dll.
12.    Preparat cukur, misalnya: sabun cukur, dll.
13.    Preparat untuk suntan dan suncreen, misalnya suncreen foundation, dll (Tranggono, R.I. dan Latifah, F., 2007).
Menurut Tranggono dan Latifah (2007), penggolongan kosmetik menurut kegunaannya bagi kulit adalah sebagai berikut:
1 Kosmetik perawatan kulit (Skin care cosmetics)
Jenis ini perlu untuk merawat kebersihan dan kesehatan kulit. Termasuk di dalamnya:
a.         Kosmetik  untuk membersihkan kulit (cleanser)
b.        Kosmetik untuk melembabkan kulit (mousturizer)
c.         Kosmetik pelindung kulit
d.        Kosmetik untuk menipiskan atau mengampelas kulit (peeling)
2 kosmetik dekoratif
Kekhasan kosmetik dekoratif adalah bahwa kosmetik ini bertujuan untuk mengubah penampilan, yaitu agar tampak lebih cantik dan noda – noda atau kelainan pada kulit tertutupi. Kosmetik tidak menambah kesehatan kulit. Pemakaian kosmetik dekoratif lebih untuk alasan psikologis seperti percaya diri (self confidence) daripada kesehatan kulit.

1 komentar:

  1. När jag introducerades för Mr. Pedro (A Loan Officer), gick jag in på marknaden som första gången husköpare.
    Mina behov var lite annorlunda och jag hade massor av frågor, innan han skickade mitt förhandsgodkännandebrev till mig ringde han för att prata med mig om vad det betydde och vad som kunde förändras. Han gjorde sig tillgänglig för mig i stort sett vilken timme som helst via e-post och sms, han var mycket lyhörd och kunnig. Han är också väldigt okomplicerad, jag förklarade för honom vad mina förväntningar var när det gäller stängningstid och andra detaljer. Han sa att han skulle uppfylla dessa förväntningar men han överträffade dem. Jag stängde så snabbt min mäklare och säljaren var förstås glada över det. Men som köpare uppskattade jag att få gå igenom processen på ett kortfattat men grundligt sätt. Från förhandsgodkännande till avslutning – resan var så sömlös och jag anser mig ha tur eftersom jag har hört skräckhistorier om internet. Jag rekommenderar en lånehandläggare, Pedro Jerome, kontakta e-post: pedroloanss@gmail.com & Whatsapp-nummer:+18632310632 till alla som letar efter ett lån på vilken marknad som helst.

    BalasHapus